Rancangan Evaluasi Tingkat Keberhasilan Belajar Siswa
1. Tujuan:
Mengukur keberhasilan, yaitu untuk mengetahui sejauh mana suatu program berhasil diterapkan.
Dalam hubungannya dengan penilaian pendidikan dilakukan untuk :
a. Mengetahuai status siswa
Agar diketahui status siswa saat tertentu berada, apakah memperoleh kemajuan atau tidak dalam mengikuti pembelajaran dan hasil evaluasi oleh guru yang biasa menjawabnya.
b. Mengadakan seleksi
Hasil penilaian bertujuan untuk memilih siswa yang dapat mewakili sekolah dalam suatu lomba.
c. Mengetahui prestasi siswa
Agar diketahui prestasi atau pengetahuan yang dicapai siswa guru haruslah mengadakan penilaian.
d. Mengetahui kelemahan dan kesulitan siswa.
Atas dasar penilaian yang dilakukan guru, maka akan diketahui latar belakang siswa yang mengalami kelemahan dan kesulitan belajar.
e. Mengadakan pengelompokan
Siswa dikelompokkan dalam kelompok-kelompok kecil yang homogen agar memudahkan dalam pelaksanaan proses pembelajaran. Umumnya pengelompokan ini didasarkan pada tingkat kemampuan dan keterampilan, usia, jenis kelamin, dan minat.
f. Memberi motivasi siswa
Dengan demikian diketahui hasil belajar yang dicapai dan sikap siswa akan menjadi pendorong terhadap siswa itu untuk belajar lebih giat.
g. Penempatan siswa
Untuk menempatkan siswa dalam situasi pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki siswa.
h. Memberikan data pada pihak tertentu
Dengan memberikan data itu pada sekolah atau lembaga pendidikan dapat melaporkan hasil belajar siswa pada orang tua murid dan juga masyarakat yang memerlukan keterangan.laporan ini dengan berbentuk rapor,STTB, dan sebagainya.
2. Aspek yang akan di evaluasi
Dalam kegiatan ini yang akan dievaluasi keberhasilan belajar siswa yang meliputi aspek kognitif, afektif dan psikomotor
3. Tes dan tolak ukur evaluasi
Tes yang digunakan adalah tes afektif, kognitif dan psikomotor
4. Frekuensi Evaluasi
Dalam kegiatan ini dilakukan 3 kali evaluasi yaitu awal, pertengahan dan akhir semester.
5. Teknik pengumpulan data
Dalam kegiatan ini proses pengumpulan data dikumpulkan dari lembaran tes, lembaran observasi.
6. Pengolahan data
Untuk lembaran tes data diolah dengan rumus sebagai berikut:
7. Sedangkan untuk lembar observasi data diolah dengan cara pengkodean.
8. Analisis Data
Dalam menganalisis data digunakan statistik yaitu menggunakan rataan persentase.
9. Desain Evaluasi Proses Belajar Mengajar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar